Monday, 23 February 2015

Iveco


!--more-->


KATA PENGANTAR  3 
1. PENGENALAN ALAT / TRUCK  4
• Pengenalan truck secara umum  5
• Data Identifikasi truck 6
• Spesifikasi IVECO truck  7 
- Engine / Mesin      7
- Pendingin Mesin  8
- Transmisi  8
- Clutch / Kopling  8
- Sistim rem  9 
- Sistim kemudi   9 
- Axle dan Differential  9 - 10
- Suspensi / Spring  10
- Sistim electrical  10
- Kabin – Chassis   11 - 14
- Aplikasi truck   15 - 19 
2. TUGAS & TANGGUNG JAWAB PENGEMUDI 20
• Pengecekan keliling dan pengecekan sebelum menghidupkan mesin   20
• Label tanda peringatan & petunjuk  20 - 21
• Prosedur menaikkan / menurunkan Kabin  21
- Menaikkan kabin  21 - 22
 - Menurunkan kabin  22 
• Melaporkan kerusakan  22
• Pengoperasian truck 22
• Perawatan kendaraan  22
• Safety untuk perawatan kendaraan 23 - 24
• Prosedur pengecekan dan perawatan kendaraan  25 
• Alat pengukur level oli  25 - 26 
• Kebersihan kendaraan  26


3. PERATURAN MENGEMUDI 27
• Ijin mengoperasikan unit (SimPer) 27
• Pengecekkan keliling dan pemeriksaan sebelum menghidupkan mesin 27
• Pelaporan Kerusakkan kendaraan 27
• Peraturan Lalu – lintas secara umum 28
• Kelayakkan jalan 28
• Mengisi bahan bakar 28
• Sabuk pengaman 28
• Pemantauan dan kontrol saat pengoperasian 28 - 30
• Pencegahan dan tanda pada kendaraan yang rusak 30
Training & Development
  1                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



• Kecelakaan lalu – lintas 30 - 31
• Pejalan kaki 31
• Kebakaran pada kendaraan 31

4. INSTRUMEN DAN KONTROL  32 
• Instrument dan kontrol truck IVECO Trakker  33 - 34
• Instrument panel dan layar monitor 35
• Lokasi identifikasi instrument dan control truck Iveco Trakker 36 - 49 
5. PENGOPERASIAN DASAR  50
• Pengecekan keliling, Inspeksi dan Safety   50 
- Pemeriksaan keliling  50
- Pemeriksaan dalam kabin  51
- Pemeriksaan sisi kiri truck  51
- Pemeriksaan bagian belakang truck  51 
- Pemeriksaan sisi kanan truck  52 
- Pemeriksaan bagian depan truck  52
• Pengecekan per setiap hari  52 - 53
• Pengecekan per setiap minggu  53 - 54
• menghidupkan mesin  55
• Setelah mesin hidup  55
• Menjalankan truck  56
• Mematikan mesin         56 

6. TEKNIK PENGOPERASIAN   57 
• Mengemudi  57
• Jarak bebas diatas kabin truck  57
• Jarak pandang ( Visibility )  57
• Berat           57
• Menggunakan transmisi otomatis ( Eurotronic )  57 
- Full Otomatis  58
 - Semi Otomatis  58 





• Axle dan Differential  58
- Differential Lock Inter-Axle  59
- Differential Lock Inter-Wheel  59
• Transfercase / Transferbox 59 - 60
• Engine brake   60 - 61
• Cruise control         61
• Speed limiter (Pembatasan Kecepatan)  62
• Mundur  62
• Mengontrol kecepatan truck diturunan  62 
Training & Development
  2                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




KATA PENGANTAR 
Buku ini dibuat untuk dibaca, dimengerti dan dipergunakan oleh setiap pengemudi truck
IVECO sebagai buku panduan untuk mengoperasikan truck IVECO Trakker jenis 6X4 / 6X6
Cursor-Eurotronic. 
Semua isi dari pada buku ini adalah hasil saduran dari beberapa buku dan artikel dari
pabrikan IVECO truck. 
Kami berharap, buku panduan pengoperasian ini dapat bermanfaat bagi pengemudi didalam
mengoperasikan kendaraan dengan benar, aman dan efisien sesuai dengan rekomendasi
pabrikan. Terlebih dari pada itu, melalui buku ini, pengemudi dapat mempelajari lebih jauh
mengenai kinerja dan daya kemampuan dari truck IVECO Trakker jenis 6 x 4 / 6 x 6 CursorEurotronic
sehingga kerusakan
atau bahkan kecelakaan
yang
diakibatkan kesalahan

pengemudi dapat dihindari. Buku ini juga dapat menjadi referensi bagi pengemudi, pengawas
dan pihak manajemen didalam melakukan perawatan kendaraan sehingga umur pemakaian
kendaraan menjadi lebih lama dan tentunya menguntungkan bagi semua pihak. 
Terima-kasih,
Training & Development
PT.Chakra Jawara

























Training & Development
  3                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 





TOPIK 1
PENGENALAN TRUCK


Training & Development
  4                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







PENGENALAN TRUCK SECARA UMUM
 
Training & Development
  5                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 






Detail dari tipe dan nomor mesin, chasis dan nomor plat pabrikan untuk identifikasi truck
terletak pada ;



DATA IDENTIFIKASI TRUCK 
Training & Development
  6                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







Cursor 13 (380 HP)



Cursor 13 (440 HP)


Cursor 13 (480 HP)

SPESIFIKASI IVECO TRUCK 
ENGINE
Training & Development
  7                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
 









Proses pendinginan mesin adalah melalui tekanan yang terjadi
didalam sistim dan dibantu oleh pompa air sehingga air bersirkulasi
secara berkesinambungan selama temperatur mesin hidup. Pada
saat temperatur mesin masih dingin, air tidak bersirkulasi karena alat
pengatur sirkulasi air (Thermostat) masih tertutup dan membuka
setelah panas mesin mencapai temperatur pengoperasian. Proses
pendinginan mesin IVECO sangat akurat karena dilengkapi dengan
viscostatic fan yang sudah teruji sangat handal untuk membantu
mempercepat proses mesin mencapai temperatur pengoperasian.

Disamping itu, untuk perawatan dan penambahan Air radiator,
mechanic atau pengemudi tidak perlu membuka penutup radiator,
tetapi cukup dengan hanya menambahnya melalui tabung air
radiator yang terletak didepan sebelah kiri kabin.  


                                                                            
Menggunakan transmisi automatic EuroTronic 12AS-2301OD yang digerakan oleh electric
dan angin. Transmisi ini adalah lebih ringan, ringkas, tenang dan lebih mudah untuk
perpindahan gigi dan juga mempunyai 12 percepatan gigi maju dan 2 percepatan gigi
mundur. 





Kopling kering single plate, tipe tarik ( Full type ) dengan spring diaphragm, diameter 17’,
Asbestos free -Lining 

PENDINGIN MESIN / ENGINE COOLANT
TRANSMISI
CLUTCH / KOPLING
Training & Development
  8                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 






Sistim pengereman truck IVECO 6 x 4 / 6 x 6 Trakker terdiri dari 2
silinder kompresor berkapasitas 600 cc, Air dryer, 4 tangki angin
masing-masing berkapasitas 20 liter dan 1 tangki re-generasi
berkapasitas 5 liter untuk air dryer. Juga, tipe pengereman IVECO
adalah ‘ Drum Brake ‘ dan disamping itu, rem truck IVECO telah
dimodifikasi dan mempunyai corak baru yaitu “ Duo-Duplex Drum
Brakes “  yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan
keamanan rem dalam pengoperasian dan sekaligus mengurangi
biaya pengoperasian.


REM DARURAT / EMERGENCY
Kombinasi dengan line / sirkuit pada rem service.
Pengoperasiannya adalah secara manual melalui tuas rem parkir. 

REM PARKIR
Memanfaatkan angin (pneumatic), dengan spring Sylinder pada
semua roda belakang. Tuas rem parkir terletak disamping kiri
tempat duduk pengemudi dan digerakkan secara manual oleh
pengemudi. Pada saat rem parkir diaktifkan / digunakan, angin dari
tangki akan keluar melewati relay valve dan mendorong spring
chamber rem roda belakang. 




Sistim kemudi truck IVECO Trakker dilengkapi dengan power steering ZF 8099 / 1.5 agar
pengemudi lebih nyaman dalam berkendara sekalipun dalam lokasi pertambangan yang sulit.


AXLE
Axle belakang menggunakan tandem axle dengan double reduction ( Axle hausing + Wheel
Hub). Axle depan mempunyai karakter antara lain berkapasitas tinggi, Hub dilumasi dengan
oli, sudut maksimum back-lock kemudi mencapai 52 derajat.

Kapasitas Axle   : 6 X 4    6 X 6
Max. Axle Depan  : 8.000 kg   9.000 kg
Max. Axle Belakang  : 32.000 kg   32.000 kg
G.V.W.     : 40.000 kg   41.000 kg
G.C.W     : 85.000 kg   85.000 kg – 100.000 kg*

Catatan:  *   : Yang tanda* perlu tambahan transmisi oil cooler.


SISTIM REM
SISTIM KEMUDI
AXLE dan DIFFERENTIAL
Training & Development
  9                                                                     Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




DIFFERENTIAL LOCK
Differential lock digerakkan oleh angin. Pengoperasiannya adalah secara manual oleh
pengemudi dengan mengaktifkan switch yang ada didalam kabin. Ada dua posisi untuk
mengaktifkan differential lock sesuai fungsinya. Posisi satu ( 1 ) adalah untuk mengaktifkan
Differential lock Inter-Axle ( pengunci antar-gardan ) dan posisi dua ( 2 ) untuk mengaktifkan
Differential lock Inter-Wheel ( pengunci antar-roda ).




SUSPENSI DEPAN
Single -Acting. Semielliptic Leafspring. Spring Parabolic sesuai
standar untuk semua jenis / tipe agar pengemudi mendapatkan
kenyamanan yang optimal pada saat mengemudikan truck.

STABILIZER BAR
Standard depan dan belakang.

SHOCK ABSORBER
Double – Acting, Hidrolik telescopic, Depan standar dan
belakang Optional.

SUSPENSI BELAKANG
Double-acting (Semi Elliptic Leafspring).

BAN
Single depan dan Double untuk Belakang. Ukuran ban adalah 12.00 R24 Load – Index: 156 /
153 Speed Index : G 


SUSPENSI / SPRING
SISTIM ELECTRICAL
Voltage 24 V, terdiri dari dua battery masing-masing 12 V ( 170 Ah ). Alternator 28 V – 80 A.
Starter Motor 6.6 kW. 
Training & Development
  10                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







INTERIOR KABIN
Kabin IVECO adalah salah satu kabin yang di disain tetap nyaman walaupun bekerja pada
area yang kasar, berbatu atau beroperasi didaerah beraspal atau jalan biasa. Juga, alat
kemudi dapat diatur sesuai dengan postur pengemudi. Disamping itu, kabin IVECO
dilengkapi dengan suspensi yang sangat empuk terlebih lagi kursi pengemudi dilengkapi
dengan suspensi yang dapat diatur sesuai dengan berat pengemudi. 







KABIN – CHASSIS 
INTERIOR KABIN IVECO TRAKKER
Cursor Eurotronic






Training & Development
  11                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







KABIN – CHASSIS AD380T38


Training & Development
  12                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







KABIN – CHASSIS AD380T44


Training & Development
  13                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







KABIN – CHASSIS AD380T48
Training & Development
  14                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 


                                                                                                                                                                               
           


6 X 4 / 6 X 6 COAL BODY


6 X 4 / 6 X 6 SCOW END BODY

APLIKASI TRUCK 

Training & Development
  15                                                                       Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker                              
                                                                                                                                                                               
           

6 X 4 / 6 X 6 FUEL TANKER

6 X 4 / 6 X 6 WATER TANKER





Training & Development
  16                                                                       Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker                              



6 X 4 / 6 X 6 FIRE TRUCK



6 X 4 / 6 X 6 CRANE TRUCK


Training & Development
  17                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 

                                                                                                                                                                               
           

6 X 4 / 6 X 6 LOGGING JINKER


6 X 4 / 6 X 6 LOW LOADER


Training & Development
  18                                                                       Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker                              




6 X 4 / 6 X 6 FLAT TOP TRAILER


Training & Development
  19                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 


                                                                                                                                                                               
           



Sekilas tampaknya peranan pengemudi adalah hanya mengoperasikan kendaraan. Namun,
anggapan ini mengabaikan beberapa aspek penting dalam tugas seorang pengemudi.
Berikut ini tugas-tugas lainnya yang harus dikerjakan oleh seorang pengemudi, yaitu :


 Melakukan pengecekan keliling dan pemeriksaan sebelum
menghidupkan mesin 
 Memeriksa level oli dan bahan bakar.
 Melaporkan kerusakan.
 Mengoperasikan truck dengan aman dan produktif.
 Mengoperasikan truck dengan hati-hati agar umur dari
kendaraan akan panjang dan tidak terjadi kerusakan yang
tidak perlu. 
 Memarkir kendaraan dengan aman pada area yang telah
ditentukan. 
 Melakukan prosedur yang benar untuk mematikan mesin.
 Memastikan truck dalam keadaan baik untuk shift berikutnya dengan cara melakukan
pemeriksaan akhir shift ( post inspection ).
 Memastikan bahwa service secara berkala sesuai dengan jadwal yang ada.
 Memastikan kendaraan tetap dalam keadaan bersih dan aman. 

Bila pengemudi bisa mendukung aspek ini, pengoperasian truck dengan standar tinggi akan
tetap terjaga dalam setiap area kerja. Penjelasan untuk semua tugas ini diberikan kepada
masing-masing topik didalam buku manual ini. Bagian berikut ini menjelaskan latar belakang
tugas-tugas tersebut yang menjadi tanggung jawab pengemudi. 


TOPIK 2
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGEMUDI
PENGECEKAN KELILING DAN PEMERIKSAAN SEBELUM MENGHIDUPKAN MESIN
Tujuan utama melakukan pemeriksaan keliling dan pengecekan sebelum menghidupkan
mesin adalah untuk mengetahui kerusakan atau yang bisa menjadi masalah pada kendaraan
dan memperbaikinya sebelum kerusakan itu berlanjut dan menjadi kerusakan yang serius /
parah. Pemeriksaan keliling harus dilakukan sebelum dan sesudah pengoperasian.

Pengemudi harus melakukan pemeriksaan keliling dengan benar. Waktu beberapa menit
yang terbuang untuk melakukan pengecekan akan lebih baik dari pada kerusakan parah
yang timbul dan akan memerlukan perbaikan berhari-hari dan tentunya merugikan perusahan
karena tidak beroperasinya / tidak produksinya kendaraan tersebut. Penjelasan tentang
pemeriksaan keliling secara terperinci ada pada topik Dasar Pengoperasian.

LABEL TANDA PERINGATAN DAN PETUNJUK
Hal lain yang harus diperhatikan oleh pengemudi sebelum mengemudikan kendaraan adalah
mengidentifikasi dan membaca setiap label tanda peringatan atau petunjuk yang
berhubungan dengan pengoperasian maupun perawatan kendaraan. Label tanda peringatan
atau petunjuk biasanya ditempel pada tempat yang mudah dijangkau dan dibaca oleh
pengemudi. Label tanda peringatan dan petunjuk pada IVECO truck, sebagai berikut ; 

Training & Development
  20                                                                       Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker                              


Pengoperasian Differential Lock
Terletak di kaca pintu sebelah kanan, kaca depan dan dashboard. 




PROSEDUR MENAIKKAN-MENURUNKAN KABIN 

a. MENAIKKAN KABIN
Sebelum mengangkat kabin, pastikan bahwa tidak ada barang
atau peralatan lepas didalam kabin untuk menghindari kaca pecah
dan kerusakan kabin lainnya. Langkah-langkah yang harus
dilakukan adalah: 




1      Aktifkan rem parkir dan netralkan tuas transmisi kemudian
matikan mesin. 

2 Buka / lepaskan Bullbar yang terletak didepan kabin setelah melepaskan pin. 
3      Buka dan angkat grille penutup setelah melepaskan lock yang terletak disisi kiri dan
kanan depan kabin. 
4      Ambil dan gunakan tongkat pengungkit yang terletak didepan kabin sebelah kiri. 


Training & Development
  21                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 

5      Dengan menggunakan tongkat pengungkit, putar pin pengatur hidrolik ke kanan      
(posisi naik). 
6      Naikkan kabin dengan cara memompa melalui boks pompa kabin yang terletak
disamping kanan truck (Lihat label cara pengoperasiannya sebelum
menggunakannya). 
 



Catatan :
Untuk keselamatan anda, Pada saat kabin diangkat mesin harus dalam posisi
mati. Pada saat kabin dalam posisi terangkat (dalam posisi kabin dinaikkan)
mesin tidak bisa dihidupkan melalui kunci kontak kabin.




b. MENURUNKAN KABIN
Putar pin pengatur hidrolik kearah berlawanan jarum jam (ke arah kiri). Pompa
dengan menggunakan tongkat pengungkit seperti menaikkan kabin sampai
kabin benar-benar turun pada posisi normal.

Catatan :
Untuk keselamatan anda, mesin tidak bisa dihidupkan melalui tombol (2)
kecuali jika transmisi netral dan rem parkir aktif.

MELAPORKAN KERUSAKAN
Masalah dan kerusakan pada kendaraan yang ditemukan pada saat pemeriksaan keliling
atau masalah yang ditemui pada saat mengoperasikan truck harus selalu diperhatikan oleh
pengemudi. Kerusakan atau masalah tersebut harus dilaporkan dengan prosedur pelaporan
yang sesuai.

PENGOPERASIAN TRUCK
Selanjutnya, anda akan diberikan informasi dan instruksi tentang pengoperasian kendaraan.
Pada tingkat ini bisa dikatakan bahwa peranan utama seorang pengemudi adalah
memastikan bahwa: 




 Truck selalu dioperasikan dengan cara yang aman. 

 Truck dioperasiakan secara produktif dan efisien. 
 Truck dioperasikan dengan aman untuk menjaga
masa pakai truck tersebut.
 Truck dioperasikan sesuai dengan rekomendasi dari
pabrikan dan peraturan yang ada. 
PERAWATAN KENDARAAN
Beberapa aspek operasi yang dapat mempengaruhi ketersediaan truck telah disebutkan
sebelumnya. Aspek ini termasuk pengecekkan, pemeriksaan, pelaporan kerusakkan, tehnik
pengoperasian yang benar. Pengemudi juga bertanggung jawab termasuk aspek
pemeliharaan / perawatan kendaraan. Bagian berikutnya memberikan keterangan yang akan
membantu memastikan pemeliharaan dilakukan secara teratur dan dengan cara yang aman.

Training & Development
  22                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



SAFETY UNTUK PERAWATAN KENDARAAN
Safety dalam melakukan perawatan kendaraan hanya merupakan masalah kebiasaan.
Kebiasaan kerja yang aman bisa dikembangkan sehingga semua tugas dikerjakan dengan
cara yang aman. Praktek yang tidak aman juga bisa menjadi kebiasaan, yang jika dibiarkan
akan susah untuk dihilangkan.

Karena itu biasakan memulai pekerjaan dengan benar sehingga praktek kerja yang aman
akan terbentuk secara otomatis. Bila anda mengikuti praktek berikut ini tugas perawatan
kendaraan bisa dilakukan dengan aman.

Mesin Bergerak
Biasanya kendaraan diservice / diperiksa saat tidak beroperasi dan
mesin dalam keadaan mati. Namun beberapa prosedur service /
pemeriksaan mengharuskan pemeriksaan dilakukan pada saat mesin
dalam keadaan hidup. Untuk kondisi ini hati – hatilah pada komponen
yang bergerak dan pastikan semua pelindung berada pada tempatnya.

Alat Pelindung Diri
Gunakan pakaian yang sesuai. Pakaian yang longgar sangat berbahaya karena bisa dengan
mudah terjerat pada bagian mesin yang berputar atau komponen bergerak lainnya. Pakaian
yang sesuai dan alat pelindung diri adalah keharusan.

Bekerja Dengan Oli
Minyak yang berbahan dasar petrol merupakan minyak yang paling
umum digunakan pada kendaraan berat. Yang termasuk minyak ini
adalah solar, oli lubrikasi dan grease. Bila tindakan pengaman
dilakukan dengan benar, minyak tersebut aman digunakan.



 Pengamanan utama saat bekerja dengan minyak ini adalah
jangan sampai mengenai kulit dalam jangka waktu lama dan
jangan sampai menghisap kabut dan uapnya.

 Kontak yang lama atau pemakaian yang tidak tepat bisa
menimbulkan dermatitis atau masalah kulit lainnya. Jika kontak ini terjadi berulang –
ulang dalam beberapa tahun bisa menimbulkan penyakit kanker kulit.
 Ikuti peraturan ini saat bekerja dengan oli:

-   Kurangi kontaminasi dengan kulit sekecil mungkin, jangan sampai menghirup
kabut atau uapnya.

-   Bersihkan seluruh badan sesering mungkin.

-   Lindungi kulit dengan menggunakan metode kerja dan alat pengaman yang
sesuai.

-   Selalu membersihkan kulit dan jangan menggunakan cairan pelarut yang keras.

-   Mengenakan pakaian bersih

-   Kain yang terendam oli jangan disimpan dikantong atau didekat kulit.

Training & Development
  23                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



Kebisingan
Bila anda melakukan suatu prosedur yang menurut anda bisa melewati standar 90 dB (A),
gunakan alat pelindung pendengaran sebelum melakukan pekerjaan tersebut.


Debu dan Asap
Banyak proses dalam industri tambang menghasilkan debu dan asap yang bisa membahayakan
kesehatan pengemudi.

 Tidak ada debu yang benar – benar aman. 

Tingkat bahaya dientukan oleh:
-   Jenis racun pada material tersebut.
-   Jenis proses yang sedang dilakukan.
-   Kondisi lingkungan yang ada.
-   Ketersediaan alat pelindung diri / masker.

 Pengemudi harus mematuhi peraturan yang ada apabila disarankan harus
menggunakan respirator / masker.


Sistim Bertekanan
Udara, hidraulik, grease atau system air panas bertekanan tinggi memiliki tekanan
pengoperasian yang bisa menembus jaringan jika bocoran dari sistim tersebut mengenai
orang. Hal ini termasuk air radiator, oli hidrolik, spring brake chamber, dll. Cidera injeksi bisa
menjadi fatal atau menyebabkan kehilangan anggota tubuh.






 Jangan menempelkan tangan / jari kedalam
aliran yang bocor pada komponen saat
mencari sumber dari suatu kebocoran.

 Jangan mengarahkan grease nozzle ke orang
lain atau menempelkan tangan kearah nozzle.
 Hindari kontak langsung dengan semprotan air
panas bertekanan.
Pendingin / Air Conditioning
Pendingin yang menggunakan CFC tidak boleh dibuang ke udara bebas karena:




 Mempercepat penipisan lapisan ozon.

 Bisa berubah menjadi gas sangat beracun bila kontak dengan permukaan panas.
 Bisa membahayakan jiwa bila berada di area tidak berventilasi dengan konsentrasi
besar.
 Saat dialirkan dengan tekanan akan segera membekukan apa saja yang mengenainya
(contohnya: Jari, mata dsb).
 Bila kebocoran tersebut diperkirakan berasal dari alat, informasikan kepada supervisor
anda, dan atasan anda yang akan menghubungi mechanic untuk memperbaikinya. 

Training & Development
  24                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



PROSEDUR PENGECEKAN DAN PERAWATAN KENDARAAN 











 Selalu waspada akan bahaya terpeleset disekitar tumpahan oli atau bahan bakar. 

 Selalu menggunakan tangga dan susuran tangga saat naik-turun kendaraan. 
 Selalu menggunakan tiga titik kontak saat naik-turun kendaraan. 
 Menjaga tangga dan anak tangga bebas dari tumpahan oli / grease dan penghalang
yang bisa menimbulkan bahaya terpeleset atau terjatuh. 
 Saat naik –turun kendaraan, jangan membawa sesuatu yang bisa membuat anda
terjatuh. 
 Selalu waspada akan bahaya oli / air panas. Lepaskan penutup / sumbat dengan hatihati
dan perlahan. 
 Memeriksa pelindung yang masih / belum terpasang dan bisa melindungi anda dari
bagian yang bergerak. 
 Jangan coba membuka komponen hidrolik tanpa terlebih dahulu mematikan mesin
dan menetralkan kontrol operasi untuk memastikan tidak ada tekanan yang tersisa
dalam sistim. 
 Berhati-hati saat membuka tangki bertekanan karena tekanan yang tiba-tiba bisa
menciderai anda. 
 Sebelum kabin diangkat untuk keperluan pengecekan, pastikan bahwa tidak ada
benda asing / lepas didalam kabin yang dapat menyebabkan benda tersebut
menggelinding dan menyebabkan kaca pecah dsb. 
 Ingatlah untuk selalu memastikan level oli dan air radiator. 
Semua pengemudi harus tetap waspada akan bahaya saat melakukan pengecekan
kendaraan. Lakukan tindakan yang benar untuk mencegah kecelakaan. Bila anda tidak yakin
akan keselamatan kerja atau cara pencegahan pada suatu situasi, atau anda merasa situasi
tersebut membahayakan mintalah petunjuk sebelum melakukan suatu tindakan. 


ALAT PENGUKUR LEVEL OLI
Banyak metode yang bisa digunakan untuk menunjukkan ukuran oli secara
akurat. Metode ini bisa berupa sight glass dan dipstick yang akan
menunjukkan kondisi level rendah yang tidak teramati dengan peringatan
suara / visual atau sistim peringatan. 

Apapun jenis peralatan yang dipasang pada kendaraan, ingatlah
untuk selalu menentukan secara akurat level oli melalui dipstick
atau sight glass. 

Seperti halnya kerusakan yang ditimbulkan karena kekurangan
oli, kelebihan oli juga dapat menyebabkan panas yang berlebihan
pada sistim dan akhirnya juga akan menimbulkan kerusakan.
Jaga level oli tetap pada ukuran yang telah ditentukan. 


Training & Development
  25                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



Efek dari Level Oli yang Tidak Benar
Efek dari level oli yang tidak benar bisa dijelaskan sebagai berikut: 



A. level oli terlalu rendah
-  Kekurangan pelumasan.
-  Komponen macet.
- Kemampuan menyerap panas berkurang.
- Bahan pencemar mengumpul.
-  Kerusakan seal. 
B. Level oli terlalu tinggi
-  Kelebihan panas.
- Oksidasi.
-  Masalah pelumasan.
-  Kerusakan seal. 
Pelumasan 

Akibat grease terlalu rendah
 Kemacetan dan kekurangan pelumasan
 Seal terbakar
 Kemasukan kotoran / air 

Akibat kelebihan grease
 Terlalu panas dan kegagalan bearing
 Tekanan berlebihan dan mengakibatkan kerusakan seal 


KEBERSIHAN KENDARAAN
Lingkungan kerja / kendaraan yang bersih tidak hanya nyaman untuk bekerja tetapi juga
bisa lebih aman. 




Bersihkan saat anda tinggalkan kendaraan. Bersihkan tumpahan oli / grease atau
material lain dari lantai kabin, tangga, dll. Jangan biarkan kotoran dan sampah
mengumpul. 
Kembalikan alat dan material ke tempatnya bila anda telah selesai menggunakannya.
Buang bekas oli, filter, seal, gasket, lap yang terendam oli ke tempat sampah yang telah
disediakan. 

Peraturan mengenai kebersihan yang benar adalah meninggalkan kabin dalam
keadaan seperti yang anda inginkan saat anda menjumpainya. Kotoran dan
sampah bukan hanya tidak enak dipandang, tetapi juga membahayakan. 

Training & Development
  26                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




Kecelakaan kendaraan merupakan salah satu penyebab utama cidera, kerugian dan
kerusakkan dalam industri tambang. Banyak kecelakaan
kendaraan menimbulkan akibat yang serius.

Selain mempertimbangkan kecelakaan atau akibatnya, anda
juga harus menyadari bahwa kendaraan dan peralatan
bergerak merupakan bagian investasi yang penting dalam
proyek tambang.

Semua pengemudi harus selalu mematuhi peraturan. Bila
dalam suatu perusahaan, peraturan khusus pengoperasian kendaraan tidak diterapkan maka
pengemudi harus menerapkan peraturan yang diterapkan untuk lalu lintas normal. Bagian ini
akan menjelaskan peraturan umum yang harus anda ikuti.

IJIN MENGOPERASIKAN UNIT DI AREA KERJA (SimPer)
Berikut ini adalah peraturan yang harus diperhatikan yang berhubungan dengan ijin
mengoperasikan kendaraan di kebanyakkan area tambang:
-    Tidak seorangpun diperbolehkan mengoperasikan kendaraan kecuali telah
menyelesaikan program pelatihan untuk pengoperasian kendaraan.
-   Telah memiliki izin tertulis dari site manager.
-   Berusia diatas 18 tahun.

PENGECEKAN KELILING DAN PEMERIKSAAN SEBELUM MENGHIDUPKAN MESIN
Pengecekan keliling dan pemeriksaan sebelum menghidupkan mesin harus dilakukan untuk
semua kendaraan yang bekerja di area tambang. Biasanya pengecekkan ini dilakukan pada


awal shift. Semua pemeriksaan ini harus dilakukan bahkan pada saat akan
terjadi pergantian shift. Dengan kata lain, kendaraan dan alat tidak boleh
dianggap dalam keadaan baik meskipun semua sistim berfungsi dengan
baik selama masa kerja sebelumnya. Anda juga tidak boleh menganggap
bahwa pemeriksaan dan pengecekkan yang benar tidak perlu dilakukan
karena tidak ada waktu akibat tekanan / tuntutan pekerjaan.

Harga beberapa menit pemeriksaan akan dengan mudah diganti bila
dibandingkan kerusakkan yang terjadi karena kendaraan tidak diperiksa
sebagaimana mestinya.
PELAPORAN KERUSAKKAN KENDARAAN
Selama pemeriksaan sebelum menghidupkan mesin, kadang – kadang anda akan menemui
kerusakkan dan kesalahan. Anda harus memastikan kerusakkan tersebut diperbaiki dan
dilaporkan dengan cara yang benar.

TOPIK 3
PERATURAN MENGEMUDI
Jika kerusakkan yang bisa membuat kendaraan berbahaya apabila, dioperasikan anda harus
memasang tanda (label, tulisan, safety sign, dsb) ditempat yang mudah dilihat oleh orang lain
untuk memastikan kendaraan tersebut tidak dioperasikan oleh orang lain.

Training & Development
  27                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



PERATURAN LALU LINTAS SECARA UMUM
Peraturan lalu – lintas dirancang untuk melindungi pengemudi dari cidera dan kendaraan
yang dioperasikannya dari kerusakkan.

KELAYAKKAN JALAN
Jangan operasikan kendaraan yang kondisinya tidak aman. Semua pengemudi kendaraan
harus memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan secara umum, standar kelayakkan
jalan dan efisiensi pengoperasian dengan:

 Menjaga kebersihan kendaraan.
 Melakukan pengecekkan sebelum menghidupkan mesin.
 Mengecek dan melaporkan kerusakkan dengan lengkap dan teliti.
 Mengoperasikan kendaraan dalam batas kecepatan dan dengan cara yang aman.

MENGISI BAHAN BAKAR
Gunakan peraturan berikut saat mengisi bahan bakar kendaraan. Pastikan:

 Mendekati tempat pengisian dengan kecepatan rendah.
 Bila perlu, gunakan spotter yang memandu anda.
 Transmisi netral dan aktifkan rem parkir.
 Matikan mesin.
 Pengemudi harus turun pada saat mengisi bahan bakar, dan jangan merokok.
 Gunakan waktu seefisien mungkin untuk melakukan hal – hal yang bermanfaat
(mengecek, membersihkan, meyakinkan kembali dll) pada saat mengisi bahan
bakar.
 Selesai pengisian pengemudi naik ke kendaraan, bunyikan tanda sebelum
menghidupkan kembali mesin kendaraan.
 Sebelum kendaraan maju atau mundur gunakan tanda (klakson) untuk
memastikan tidak ada orang disekitar kendaraan.

SABUK PENGAMAN
Pengemudi harus duduk dengan benar dan memakai sabuk pengaman
juga mengencangkannya sebelum kendaraan dijalankan.

PEMANTAUAN DAN KONTROL SAAT PENGOPERASIAN
Semua pengemudi kendaraan harus melakukan
pengecekkan saat kendaraan sedang dioperasikan.
Pengecekkan ini dilakukan pada:





 Gauge tekanan Oli, angin, 

 Temperature air dan oli transmisi.
 Gauge level bahan bakar.
 Semua tuas control dan switch.
 Lampu indikator dan alarm
Pastikan hal ini dilakukan dengan sering dan teratur juga selalu merespon dengan benar bila
ada tanda – tanda operasi yang tidak normal atau suara alarm berbunyi saat pengoperasian.

Training & Development
  28                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



Batas Kecepatan
Biasanya di area tambang telah ditentukan batas kecepatan yang harus diikuti. Jangan
mengemudi melebihi batas yang terpasang pada rambu di jalan. Kecepatan tersebut adalah
maksimum. Kecepatan seringkali harus dikurangi untuk menyesuaikan dengan lalu – lintas
dan kondisi jalan juga cuaca.

Prosedur Prioritas Menggunakan Jalan

 Semua kendaraan harus member jalan kepada kendaraan darurat jika mereka
menyalakan sinyal darurat. Truck harus tetap di kiri agar kendaraan darurat bisa
lewat.

 Berikan prioritas bagi kendaraan yang bermuatan.
 Pengemudi yang diberi prioritas untuk lebih berhati – hati dan memperhatikan
kendaraan lain agar tidak terjadi tabrakan atau hal – hal yang tidak diharapkan.

Mengikuti Kendaraan
Mengikuti kendaraan lain dalam jarak terlalu dekat adalah sangat berbahaya. Apalagi jika
pandangan pengemudi terhadap kendaraan di depan juga terbatas.
Ikuti peraturan berikut:

 Menjaga jarak yang aman dari kendaraan di depan dan memposisikan kendaraan
dibagian yang bisa terlihat oleh pengemudi kendaraan di depan anda melalui kaca
spion.

 Apabila cuaca buruk atau berdebu, ambil jarak lebih jauh dari batas mengikuti
kendaraan dalam kondisi normal.

Mundur
Saat mengemudi di area ramai atau berbelok ditempat sempit, hati – hatilah saat
melakukannya.

Saat mundur, pastikan area dibelakang anda aman. Harus ada orang yang mengarahkan
dan atau membantu anda mengatur lalu – lintas lain.

Operasi Malam Hari
Dalam keadaan gelap, lampu dan lampu sorot harus dinyalakan saat kendaraan
dioperasikan. Jalankan kendaraan dengan mengikuti jangkauan lampu kendaraan dan
kedipkan / berikan tanda pada kendaraan yang datang dari arah depan. Pandangan yang
berkurang dimalam hari akan membahayakan sehingga pengemudi harus lebih berhati – hati
dibandingkan siang hari.




Ingat !!! Gunakan lampu – lampu  dengan tepat sesuai dengan kebutuhan
ketika mengemudi di malam hari terutama pada saat berpapasan dengan
kendaraan lain dan pada waktu lalu – lintas padat / ramai

Training & Development
  29                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



Jalan Licin / Basah
Setelah hujan atau setelah disiram, permukaan jalan yang licin dan berlumpur akan
mengurangi traksi (daya cengkeram) ban. Petunjuk berikut harus diikuti pada saat
mengemudi dalam kondisi seperti ini.
 Hindari penggunaan rem dan gas tangan atau gerakan roda kemudi yang tiba –
tiba. Mengemudi dengan halus dan sabar merupakan faktor utama untuk terhindar
dari masalah.
 Saat menuruni tanjakkan, gunakan gigi yang sama seperti yang anda gunakan
saat menanjak.
 Gunakan selalu differential lock inter – axle / pengunci gardan (Diff. Lock 1).
 Gunakan differential lock Inter – wheel / pengunci roda (Diff. Lock 2) jika perlu.
 Atur jarak dengan kendaraan didepan anda.
 Menggunakan lampu sorot apabila pandangan buruk, dan jika pandangan sangat
buruk, dianjurkan anda untuk menghentikan kendaraan anda.

Pekerjaan Jalan
Kemudikan perlahan – lahan dijalan yang sedang dalam
perbaikkan. Ikuti semua rambu – rambu peringatan dan instruksi
yang menunjukkan adanya kondisi yang tidak aman. Juga patuhi
jika ada rambu yang menyatakan jalan ditutup.


Parkir
Saat memarkir kendaraan, pastikan:
 Anda memarkir di area yang ditentukan.
 Rem parkir diaktifkan dan tuas transmisi dalam posisi netral.
 Lakukan prosedur mematikan mesin dengan benar.

PENCEGAHAN DAN TANDA PADA KENDARAAN YANG RUSAK
Laporkan kendaraan yang rusak atau bermasalah untuk diperbaiki. Jangan biarkan
kendaraan dioperasikan oleh orang lain / shift berikutnya atau jangan menunggu sampai
terjadi kecelakaan atau kerusakan yang lebih besar / parah.

Jika anda harus meninggalkan kendaraan yang rusak, pastikan kendaraan tersebut tidak
membahyakan kendaraan / orang lain. Pasang tanda yang menyatakan kendaraan tersebut
dalam keadaan rusak, sehingga tidak dioperasikan oleh pengemudi lain. Pastikan mechanic
mengetahui kondisi kendaraan anda untuk dilakukan pemeriksaan/perbaikkan.

KECELAKAAN LALU – LINTAS
Setiap kecelakaan yang melibatkan kendaraan di area kerja harus dilaporkan kepada atasan
anda dan selanjutnya kepada yang bertanggung jawab untuk area / lokasi tersebut. Bila
terjadi kecelakaan serius, jangan ganggu kendaraan atau tempat kejadian kecelakaan
kecuali untuk menyelamatkan orang atau untuk mencegah cedera susulan.

Jika akibat kecelakaan tersebut bisa membahayakan pengguna jalan lainnya, pasang lampu
atau tanda pengaman disalah satu sisi tempat kecelakaan sebagai peringatan. Apabila di
area tersebut anda menggunakan radio komunikasi, ikuti petunjuk berikut ini untuk
melaporkan suatu kecelakaan.

Training & Development
  30                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 



 Sebutkan nama anda sebagai pelapor.

 Lokasi kejadian.

 Jenis kecelakaan (kebakaran, tabrakan, dll).

 Jumlah orang yang cidera.

 Jenis bantuan yang diperlukan (Ambulance, tali, senter, obat dll).


 Kemungkinan bahaya yang bisa timbul dari kecelakaan tersebut (bahan bakar bocor,
aliran listrik, tumpahan bahan kimia dsb).
PEJALAN KAKI
Saat mengoperasikan kendaraan, perhatikan apakah ada pejalan kaki. Berhati – hatilah saat
mengemudi didekat pejalan kaki. 

KEBAKARAN PADA KENDARAAN
Mencegah adalah lebih baik dari mengobati. Semua pencegahan harus dilakukan untuk
memastikan kebakaran tidak terjadi pada kendaraan. Lakukan prosedur berikut ini jika terjadi
kebakaran.















 Segera hentikan kendaraan.

 Aktifkan rem parkir, netralkan transmisi.
 Matikan mesin segera.
 Gunakan radio (jika ada) untuk melaporkan dan meminta bantuan.
 Lepaskan / putuskan aliran battery apabila memungkinkan.
 Turun dari kendaraan dan ambil alat pemadam kebakaran.
 Gunakan alat pemadam untuk memadamkan api dari jarak yang aman.
 Jika alat pemadam tidak mampu / alat pemadam tidak ada, menjauhlah dari
kendaraan.
PERINGATAN
Jangan mencoba memadamkan kendaraan yang terbakar dengan alat pemadam, jika ada
bahaya ledakan akibat dari ban yang terlalu panas, bahan bakar, battery, atau muatan
berbahaya pada kendaraan

Training & Development
  31                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




Instrumen dan kontrol adalah merupakan bagian yang sangat penting didalam
pengoperasian kendaraan. Melalui Instrumen kontrol, pengemudi dapat mengendalikan
kendaraan dan memantau kinerja semua sistim yang ada. Untuk aman dan lancarnya suatu
pengoperasian kendaraan, pengemudi dituntut untuk mengetahui semua tentang fungsi dan
cara kerja setiap instrumen dan kontrol yang ada. 














TOPIK 4
INSTRUMENT & KONTROL
INSTRUMENT & KONTROL IVECO TRUCK 
(Mesin Cursor – Transmisi Eurotronic)

Training & Development
  32                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




INSTRUMENT & KONTROL TRUCK IVECO TRAKKER



Training & Development
  33                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







Gambar ini menunjukkan adanya kerusakkan ringan pada truck, dan
akan menjadi serius jika diabaikan / tidak diindahkan.
Jalankan kendaraan dengan hati – hati dan segera laporkan ke mechanic jika
tanda ini muncul untuk dilakukan pemeriksaan / perbaikkan.


Gambar ini menunjukkan kerusakkan yang serius pada truck, dan akan
fatal akibatnya jika tanda ini diabaikan.
Stop dan parkirkan kendaraan ditempat / posisi yang aman. Segera laporkan

INSTRUMENT & KONTROL TRUCK IVECO TRAKKER
ke mechanic untuk dilakukan pemeriksaan / perbaikkan.
Jangan jalankan / operasikan kendaraan jika tanda ini muncul pada layar.


Training & Development
  34                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 





KETERANGAN:



1. Lampu Luar / Outer Light
2. Lampu Utama / Headlight
3. Lampu Jauh / High Beam
4. Lampu Bahaya / Hazard Light
5. Kerusakkan / kesalahan Instrument Panel/
Instrument Panel Fault
6. Lampu Kabut / Fog Lamp
7. Lampu Kabut Sebelah Kanan 
8. Gigi Rendah / Low Range Indicator
9. Pemanasan Awal / Pre – Heating 
10. Kontrol kecepatan Automatis / Cruise
Control
11. Pemanas Kaca Spion / Mirror Heating
12. Differential Lock Roda Depan (Pengunci
Roda) / Front Diff – Lock (Inter – Wheel)
13. Diff- Lock Inter -  Axle (Pengunci Gardan)
14. Diff - Lock Inter - Wheel (Pengunci Roda)
Roda Belakang
INSTRUMENT PANEL DAN  LAYAR MONITOR
15. Power Take Off (PTO) 1
16. Power Take Off (PTO) 2
17. Lampu signal ke kiri

Training & Development
  35                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
18. Decelarator
19. Rem Mesin / Engine Brake Indikator
20. Rem Parkir / Parking Brake
21. Sistem Rem (Tekanan Angin Rendah)
22. Anti lock Brake System (ABS)
23. Anti lock Brake System (ABS) Trailer
24. Rem Parkir Depan (Terhubung)
25. Tidak Terhubung
26. Tekanan Angin Suspensi Rendah
(Pneumatic Suspensi) jika ada
27. Lampu Signal Sebelah Kanan
28. Kesalahan dalam memasang kertas
Tachograph
29. Pengukur ketinggian bahan – bakar
30. Temperature Air Radiator
31. Layar Monitor / Display Control
32. Kilometer / Speedometer
33. Switch Pengatur Lampu terpasang /
tidaknya kertas tachograph
34. Switch Pengatur Lampu Dashboard
35. RPM / Tachometer






LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Tachograph / Speedometer


Tachometer / Rpm 

Indikator Suhu Air
Radiator 

Indikator Bahan-bakar









Instrumen ini memantau
kecepatan melalui posisi jarum
dan akumulasi jarak yang
ditempuh pada odometer. 
Mengindikasikan putaran
mesin per - menit 

Mengindikasikan temperatur
air radiator



Mengindikasikan volume / isi
bahan-bakar dalam tangki.







Training & Development
  36                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Tetap memantau instrumen untuk
mempertahankan teknik
pengoperasian yang benar. 
Monitor selama pengoperasian
untuk menentukan tehnik
pengoperasian yang benar. 

Kendaraan dioperasikan secara
ekonomis pada rpm 1100 – 1500.

Jangan mengoperasikan
kendaraan melebihi 2000 rpm
untuk menghindari kerusakan
mesin. 

Monitor indikator ini secara berkala
selama pengoperasian. Apabila
suhu panas berlebihan, hentikan
kendaraan dan biarkan mesin idle
untuk proses pendinginan. 

Suhu normal adalah 84 – 94
derajat celsuis. 

Lampu peringatan akan menyala
apabila suhu melewati 100 derajat
Celsius. 

Perhatikan indikator ini secara berkala
selama pengoperasian. Sebelum
mengoperasikan truck, periksa secara
visual isi tangki bahan-bakar.

Jika  lampu kontrol didisplay menyala
(berkedip-kedip) Menandakan bahan
bakar sudah harus diisi segera 

Jika lampu kontrol didisplay menyala
(terus menerus) menandakan bahan
bakar dalam kondisi tidak aman untuk
unit dioperasikan (kotoran didalam
tangki bisa terhisap masuk ke engine)







LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)





Pengecekan sistem secara
otomatis pada saat kunci kontak
di-on-kan



Transmisi netral pada layar
monitor




Mengindikasikan level / tinggi
permukaan oli mesin sebelum
mesin hidup

Setelah kunci kontak “ON“, tekan tombol
operation 1 kali untuk memastikan /
mengetahui ketinggian permukaan oli.

Mengindikasikan tekanan oli
mesin dan tekanan angin
setelah mesin hidup





Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)


Menginformasikan jarak
tempuh dan pemakaian solar
selama mesin hidup 




Training & Development
  37                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Ini secara otomatis akan muncul
dilayar monitor pada saat kunci kontak
di-on-kan. 

Komputer akan mengecek apakah unit
layak dioperasikan (sistem dalam
keadaan baik atau sebaliknya)

Tunggu beberapa saat setelah kunci
kontak di-on-kan (jangan langsung
distart)


Ini akan muncul dilayar monitor beberapa
saat setelah pengecekkan sistem selesai 

Injak pedal rem untuk menormal-kan EDC
/ mematikan kode error pada EDC

Jangan menghidupkan mesin jika tanda
error EDC dilayar tidak mati / hilang
setelah pedal rem diinjak.

Lakukan pemeriksaan / perbaikan segera
jika tanda EDC tidak mati/hilang walaupun
prosedur pre-start engine sudah dilakukan
Pastikan oli mesin berada diposisi
maximum sebelum menghidupkan
mesin. 

Catatan: Dikondisi tertentu mesin bisa
dihidupkan dalam posisi level oli mesin
belum muncul penuh pada layar
monitor.

Untuk memastikan level oli seperti pada
tahap awal (muncul pada layar)
dibutuhkan waktu min 15 menit setelah
mesin dimatikan


Setelah mesin hidup tekan tombol
operation 2 kali untuk mengetahui
tekanan oli mesin dan tekanan angin

Jangan operasikan kendaraan jika
tekanan angin dibawah 10 bar.

Tekanan angin normal pada saat
pengoperasian adalah 10–11 Bar.

Tekan tombol operation 3 kali untuk
mengetahui data ini (trip 1)

Layar ini akan menginformasikan
jarak tempuh dan pemakaian bahan
bakar pada saat mesin hidup. 

Jika mesin dimatikan secara otomatis
data ini akan hilang dengan
sendirinya






LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)

Layar Monitor / Display
Control
(Pengecekan Sistem)







Menginformasikan jarak
tempuh dan pemakaian solar
selama unit operasi


Menginformasikan jarak
tempuh dan pemakaian solar 


Untuk mengecek lampu –
lampu kendaraan



Mengecek kerusakkan pada
system


Mengubah/mengganti penyetelan
yang telah/sedang digunakan


Informasi dan peringatan






Training & Development
  38                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Tekan tombol operation 4 kali untuk
mengetahui data ini (trip 2)

Layar ini menginformasikan jarak
tempuh dan pemakaian bahan bakar
selama unit dioperasikan.

Data ini akan hilang (akan kembali
ke 0) jika pengemudi menekan
tombol reset.

Tekan tombol operation 5 kali untuk
mengetahui total data ini

Layar ini menginformasikan jarak
tempuh dan penggunaan bahan
bakar sejak kendaraan pertama kali
operasi sampai dengan saat
sekarang

Tekan tombol operation 6 kali
untuk mengetahui kondisi lampu
– lampu kendaraan pada layar
monitor




Tekan tombol operation 7 kali
untuk mengetahui jika ada sistim
bermasalah baik pada mesin,
transmisi, sistem rem dll, melalui
layar monitor



Tekan tombol operation 8 kali
untuk melakukan perubahan
setelan pada aksesori (fitur
tambahan) didalam system di
layar monitor



Tanda ini akan muncul pada
layar monitor jika pintu
kendaraan dalam kondisi tertutup
tetapi tidak rapat / terkunci
sempurna.





LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  






Untuk pengecekan sistim dan
transmisi secara otomatis.



Mengindikasikan transmisi
dalam posisi netral





Mengindikasikan penggunaan
gigi yang dipilih secara manual
/ semi-otomatis


Mengindikasikan transmisi
dalam posisi mundur gigi
rendah (Low)




Mengindikasikan transmisi
dalam posisi mundur gigi tinggi
(High).



Training & Development
  39                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Tanda ini akan muncul dilayar
pada saat kunci kontak / “On” dan
mesin dalam posisi mati (sebelum
mesin hidup / dihidupkan).

Tanda ini akan muncul dilayar
apabila transmisi dalam keadaan
netral atau tombol biru pada tuas
transmisi ditekan (dalam kondisi
mesin hidup).

Display ini akan muncul pada
saat transmisi pada posisi semiotomatis
dengan gigi pilihan gigi 5
(dalam
kondisi kendaraan
stop).


Catatan:
Gigi transmisi tidak akan
berpindah kecuali dipindah-kan
secara manual oleh pengemudi.

Display ini akan muncul apabila
transmisi pada posisi gigi rendah
(low) mundur.

Display ini akan muncul apabila
transmisi pada posisi gigi tinggi
(High) mundur.









LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  

Display control
(Pengoperasian)  






Mengindikasikan
pengoperasian PTO (PTO
sedang aktif / ON).



Mengindikasikan
pengoperasian PTO (PTO
sedang aktif / ON).



Manouvering Mode



      

Mengindikasikan pengoperasian
transmisi
dalam

posisi
full
otomatis.



Mengindikasikan pengoperasian
transmisi
dalam

posisi
full
otomatis.





Training & Development
  40                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Display ini akan muncul apabila
PTO sedang aktif dan transmisi
dalam keadaan netral.

Display ini akan muncul apabila
PTO sedang aktif dan transmisi
dalam posisi gigi 3 semi-otomatis.

PTO hanya bisa dioperasikan
dalam transmisi model semiotomatis.


Tekan tombol maneuvering mode
dibagian tengah dashboard (gbr. kura–
kura) untuk mengaktifkan sistim ini. 

Selalu gunakan ini pada saat
melakukan maneuver pada jarak dekat,
terutama ketika kendaraan bermuatan
berat.

Hanya diizinkan menggunakan sistim
ini ketika kendaraan telah berhenti
sempurna.


Display ini akan muncul apabila
kendaraan dioperasikan dalam
model automatis transmisi (pada
posisi full otomatis). 

Dalam posisi ini, perpindahan gigi
ber-dasarkan kondisi jalan,
muatan dan posisi gas.

Display ini akan muncul apabila
kendaraan dioperasikan dalam
model automatis transmisi (pada
posisi full otomatis). 

Dalam posisi ini, perpindahan gigi
ber-dasarkan kondisi jalan,
muatan dan posisi gas.








LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Display control
(Peringatan)  

Display control
(Peringatan)  

Display control
(Peringatan)  

Display control
(Peringatan)  

Display control
(Peringatan)  






Mengindikasikan tekanan angin
kendaraan (tekanan udara
rendah)


Mengindikasikan kemampuan
gigi transmisi 

Mengindikasikan ada
kerusakan pada jaringan
electronic.



Mengindikasikan kopling aus
dan perlu diganti.


Mengindikasikan pedal gas
bermasalah (error)





Training & Development
  41                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Tanda ini akan muncul dilayar monitor
apabila tekanan angin pada tangki
kurang atau tangki angin dalam
keadaan kosong. 

Dan akan mati jika tekanan angin
sudah mencapai diatas 8 bar. 

Jangan operasikan kendaraan jika
tekanan angin berada dibawah 10 bar.

Tanda ini akan muncul dilayar
monitor jika muatan pada
kendaraan melebihi dari
kemampuan gigi yang diseting saat
itu (kemampuan engine &
transmisi) 

Atau beban sudah melampaui
kemampuan kendaraan (Over Load)

Tanda ini akan muncul dilayar
monitor apabila terjadi kerusakan
pada jaringan electronic yang
menghubungkan antara display
dan ECU pada setiap componen. 

EE ( Electronic Error )

Tanda ini akan muncul dilayar
monitor apabila kampas kopling
aus / terbakar / tipis dan perlu
diganti.

CW ( Clutch Warning )

Laporkan segera ke mechanic jika
tanda ini muncul dilayar monitor.

Pengoperasian (pedal gas) akan
terganggu, bahkan akan
berpengaruh ke komponen laiinya
jika tidak segera dilakukan
pemeriksaan dan perbaikkan





LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Tombol lampu Rotari


Manouvering Mode Switch
(Tombol khusus untuk
Manuver)

Tombol Lampu Kabin


Tombol Engine Brake






Untuk mengaktifkan lampu
rotari


Untuk mengaktifkan langsung
gigi 1 Low dan mundur Low



Mengaktifkan lampu
penerangan didalam kabin
kendaraan


Berfungsi untuk mengaktifkan
engine brake



Training & Development
  42                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Gunakan lampu rotari pada setiap
pengoperasian truck didaerah
tambang / pada saat diperlukan
sesuai dengan kondisi

Jangan lupa mematikan
mematikan lampu rotari pada
saat akan mematikan mesin
kendaraan
Tombol ini berfungsi untuk
mengaktifkan gigi maju langsung
pada gigi 1 low atau langsung gigi
mundur Low tanpa harus
mendorong/menarik tuas
transmisi

Gunakan cara ini saat kendaraan
melakukan maneuver terutama
dalam keadaan bermuatan berat 

Perhatian:
Jangan operasikan sistim ini pada
saat kendaraan dalam posisi
bergerak (kendaraan harus
berhenti sempurna)

Nyalakan lampu penerangan pada
saat pemeriksaan dan pembuatan
laporan di dalam kabin kendaraan.

Gunakan lampu penerangan dalam
kabin dengan semestinya.


Aktifkan tombol ini saat akan
menggunakan engine brake dan
penggunaannya bersamaan dengan
rem kaki (service brake)

Gunakan engine brake pada jalan
menurun dan ditikungan untuk
mengurangi kecepatan kendaraan

Engine Brake berfungsi dengan baik
pada rpm 1900 – 2200 rpm






LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Tombol Differential Lock
Inter – Axle 
(Pengunci antar gardan)




Tombol Differential Lock
Inter – Wheel 
(Pengunci antar roda bagian
belakang)




Tombol Differential Lock
Inter – Wheel 
(Pengunci antar roda bagian
depan)



Switch Transfercase
(Khusus untuk truck 4x4 dan 6x6)





Untuk mengunci / mengaktifkan
semua gardan (depan dan
belakang)



(Switch ini khusus untuk truck 4x4 dan 6x6)

Untuk mengaktifkan / mengunci
putaran roda kiri dan kanan
(roda bagian belakang)



(Switch ini khusus untuk truck 4x4 dan 6x6)

Untuk mengaktifkan / mengunci
putaran roda kiri dan kanan (roda
bagian depan)



(Switch ini khusus untuk truck 4x4 dan 6x6)

Untuk kendaraan bermuatan
berat dan beroperasi diarea
dataran tinggi


Untuk pengoperasian normal selalu
posisikan switch pada posisi 1.

Putar switch keposisi “2”saat akan
menggunakan / mengaktifkan
system ini




Training & Development
  43                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Tekan tombol ini untuk mengaktifkan
Diff-lock
Inter-axle

(pengunci
gardan).


Perhatian:
Gunakan sesuai dengan kondisi jalan
dan kebutuhan. Perhatikan dan
pelajari pengoperasian system ini.

Pengoperasian/penggunaan yang
tidak tepat, akan berakibat kerusakan
yang parah pada gear set Axle


Tekan tombol ini untuk mengaktifkan
Diff-lock
Inter-wheel
(pengunci

roda
bagian belakang)


Perhatian:
Gunakan sesuai dengan kondisi jalan
dan kebutuhan. Perhatikan dan
pelajari pengoperasian system ini.


Tekan tombol ini untuk mengaktifkan
Diff-lock
Inter-wheel
(pengunci

roda
bagian depan)


Perhatian:
Gunakan sesuai dengan kondisi jalan
dan kebutuhan. Perhatikan dan
pelajari pengoperasian system ini.

Peringatan:
Jangan operasikan Diff–lock pada
saat kendaraan dalam posisi bergerak
(kendaraan harus berhenti sempurna)
Posisi “N” hanya digunakan bagi
kendaraan yang aplikasinya
dilengkapi dengan PTO dan PTOtersebut
terpasang
pada
transfercase
Perhatian:
Aktifkan differential lock inter–axle
saat akan menggunakan/mengaktifkan
system
ini (diposisikan
ke “2”).


Peringatan:
Kendaraan harus dalam posisi
berhenti sempurna saat akan
memasang/melepas system ini.






LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Indikator lampu utama /
Lampu Luar

Indikator Pengaturan
lampu utama


Switch Differential Lock


Switch Klakson Angin
(Jika dilengkapi)





Untuk mengaktifkan lampu luar
dan lampu utama



Untuk mengatur tinggi – rendah
nya lampu utama




Switch untuk mengaktifkan Diff.
Lock (Untuk truck 6x4 dan 8x4)
Catatan:


Memasang dan melepas Diff-lock
kendaraan harus berhenti sempurna.


Untuk membunyikan klakson
angin (Air Horn)






Training & Development
  44                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Lampu parkir dan lampu
utama mati


Lampu parkir/luar menyala

Lampu parkir dan lampu
utama menyala.

Putar ke atas atau kebawah
untuk mengatur ketinggian sorot
lampu utama
Putar switch ke posisi 1 untuk mengaktifkan
Diff-lock Inter-axle
(pengunci
gardan).


Putar switch ke posisi 2 untuk mengaktifkan
Diff-lock Inter-wheel
(pengunci
roda)


Jika differential lock 2 (Inter-wheel /
pengunci roda diaktifkan, kendaraan
tidak diijinkan untuk berbelok dan
pindah gigi.

Gunakan Differential lock sesuai
dengan kebutuhan dan kondisi.

Tekan tombol ini untuk
membunyikan klakson angin





LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Hazard Light Switch
(tombol lampu darurat /
Bahaya)

Tuas Rem Parkir


Tuas Rem Trailer
(Khusus untuk jenis prime
mover)





Untuk mengaktifkan lampu
darurat / lampu bahaya


  
Untuk mengaktifkan rem parkir/
rem darurat


Untuk mengaktifkan rem trailer




Training & Development
  45                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Gunakan lampu ini sesuai dengan
kebutuhan dan kondisi (Dalam
keadaan bahaya / darurat) 

Gunakan rem parkir hanya pada
saat kendaraan telah berhenti
dengan sempurna.

Gunakan sistim ini hanya pada
saat kendaraan parkir dan ketika
berhenti ditanjakan.

Jangan menghentikan kendaraan
dengan menggunakan rem parkir
kecuali dalam keadaan darurat 

Tarik tuas kebawah untuk
menggunakan rem trailer.

Gunakan rem trailer untuk
mengurangi kecepatan diturunan,
tikungan dan pada saat jalan
basah untuk menyetabilkan
kendaraan dari daya dorong
trailer terutama saat kendaraan
bermuatan berat.

Dalam kondisi normal gunakan
rem trailer sesuai dengan kondisi
dan kebutuhan. 






















LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Tuas Lampu signal &
Wipper


Tuas Engine Brake




Untuk mengaktifkan lampu
signal, kipas kaca (wiper dan air
wiper), lampu jauh, lampu dim


Untuk mengaktifkan Engine
Brake



Tuas Cruise Control


Tuas Speed Limiter





Untuk mengontrol Kecepatan
kendaraan




Untuk membatasi kecepatan
kendaraan




Training & Development
  46                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Tarik tuas kedepan/kebelakang
ketika akan berbelok (signal).

Putar ujung tuas bagian luar
kearah depan untuk penggunaan
kipas kaca (wiper).

Tekan tombol pada ujung tuas
untuk penggunaan air wiper.
Untuk mengurangi kecepatan kendaraan
di jalan menurun dan tikungan.

Tarik tuas kebelakang 1 kali untuk
mengurangi kecepatan kendaraan.

Tarik tuas kebelakang 2 kali sekaligus
untuk mengurangi kecepatan dan
sekaligus juga untuk mempercepat
menurunkan gigi ke gigi rendah (Pada
pengoperasian full automic model pada
transmisi).

Catatan:
Gigi akan turun satu tingkat secara
otomatis pada rpm 1300 ke bawah. 
Tarik tuas keatas untuk
mengontrol kecepatan kendaraan
secara otomatis sesuai dengan
yang diinginkan.

Catatan:
Hanya boleh digunakan pada jalan
bebas hambatan dan kondisi yang
paling aman adalah pengoperasian
dalam model full automatic pada
transmisi.


Tekan tuas kebawah untuk
membatasi kecepatan kendaraan.

Kecepatan akan diset sesuai
dengan kecepatan tertinggi
kendaraan ketika speed limiter
diaktifkan (tuas ditekan kebawah),
dan kecepatan tidak akan melebihi
batas kecepatan yang diset tadi
(ketika kendaraan beroperasi
normal dijalan datar).






























LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Tuas pengatur steering

Pedal Rem Service

Pedal Gas / Akselerasi




Berfungsi untuk menyetel
steering sesuai dengan bentuk
dan postur tubuh pengemudi

Digunakan untuk
menghentikan kendaraan

Digunakan untuk menaikkan /
menurunkan rpm mesin



Atur posisi steering dan
menguncinya sebelum
menjalankan truck 

Training & Development
  47                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Penyetelan yang tidak benar dapat
menyebabkan ketidak nyamanan
dalam mengemudi.

Gunakan pedal rem service hanya
untuk menghentikan kendaraan. 

Jangan menggunakan pedal rem
service secara terus-menerus
didalam pengoperasian. 

Lakukan pengetesan rem service
sebelum pengoperasian

Tekan pedal gas untuk menaikkan
rpm mesin. 

Lepas pedal gas untuk
menurunkan rpm mesin. 

Jangan menginjak pedal gas
dengan kasar.














LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Tuas Transmisi
Eurotronic  

Model Pengoperasian
Sederhana pada
Transmisi




Berfungsi untuk memindahkan gigi
(turun/naik), menetralkan transmisi,
dan penggantian model dari otomatis
ke semi-otomatis atau sebaliknya






Training & Development
  48                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Full Otomatis :
Gigi berpindah dengan
sendirinya sesuai kondisi
jalan, muatan dan posisi gas.

Semi-otomatis :
Tuas didorong / tarik untuk
memindahkan ke gigi lebih
tinggi / menurunkan ke gigi
lebih rendah. 

Tombol Biru untuk menetralkan
transmisi.



Tombol putih untuk me-
mindahkan transmisi dari full
otomatis ke semi-otomatis
atau sebaliknya. 

Mundur – angkat collar dan
tarik tuas ke belakang.














LOKASI & IDENTIFIKASI FUNGSI PENGOPERASIAN
Kursi Pengemudi



Kursi Pengemudi dan
pengaturannya




Tempat duduk pengemudi selama
mengoperasikan kendaraan


Tombol untuk mengatur tempat
duduk pengemudi




Training & Development
  49                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Atur tempat duduk sebelum
mengoperasikan kendaraan

Catatan:
Kecelakaan bisa terjadi karena
ketidaknyamanan / salah
pengaturan tempat duduk
(kursi) oleh pengemudi.


Pengaturan tempat duduk /
kursi pengemudi
 

Pengatur udara untuk kursi

Pengatur naik-turun kursi

Pengatur sudut kemiringan
kursi bagian belakang

Pengatur Sandaran Kursi

Pengatur maju-mundur
kursi

Pengatur sudut kemiringan
kursi bagian depan

Kunci sabuk pengaman

Belt / Sabuk

Lubang kunci sabuk
pengaman






Seperti keterampilan lainnya, mengemudikan truck IVECO secara efisien harus dipelajari.
Tidak ada seorangpun dilahirkan sebagai pengemudi. Apapun pengalaman sebelumnya
pengemudi harus mengenal truck dan alat kontrolnya secara keseluruhan. Dan untuk
mendapatkannya, pengemudi harus mengikuti pelatihan tentang pengoperasian truck IVECO
baik secara teori maupun praktek. Juga, untuk menjadi seorang pengemudi yang profesional,
selain ketrampilan yang didapat, pengemudi juga harus menggunakan panca indranya
seperti melihat, mendengar, mencium dan merasakan hal – hal yang tidak biasanya untuk
memastikan truck beroperasi dengan benar, aman dan efektif.



Apabila semua yang tersebut diatas sudah dilaksanakan, anda akan menjadi seorang
pengemudi yang professional dan efisien. 



TOPIK 5
PENGOPERASIAN DASAR
PENGECEKAN KELILING, INSPEKSI DAN SAFETY 
Keselamatan dan keutuhan truck adalah kewajiban menurut peraturan dan mengharuskan
bagian tertentu untuk diperiksa sebelum truck dioperasikan. Persyaratan untuk bagian ini
bisa dilihat pada pemeriksaan keliling berikut ini.


PEMERIKSAAN KELILING
Pemeriksaan keliling harus dilakukan pada awal shift bahkan
meskipun truck baru saja dioperasikan. Kerusakan kecil seperti
komponen yang longgar atau bocor, bisa saja muncul saat
sebelumnya. Sebagai bagian dari pemeriksaan keliling, mekanisme
untuk melaporkan kerusakan telah dibuat. Kerusakan ini harus
diberitahukan kepada mechanic agar bisa dibuat jadwal perbaikan.
Jika anda ragu-ragu dengan kemampuan atau kondisi dari truck anda,
laporkan kepada supervisor atau mechanic. Truck harus parkir
ditempat datar untuk melakukan pemeriksaan keliling. 
Training & Development
  50                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




PEMERIKSAAN DALAM KABIN 

Periksa :
 Kemungkinan adanya label atau tanda “JANGAN


DIOPERASIKAN“ yang mengindikasikan truck
sedang rusak. 
  Kebersihan kabin 
 Lampu instrument dan indicator
 
 Kursi dan sabuk pengaman

PEMERIKSAAN SISI KIRI TRUCK 

Periksa :
1 Bagian bawah truck dari kebocoran dan kerusakan. 

2 Roda / ban belakang untuk memastikan nuts yang longgar, hilang, kerusakan,
keretakan, keausan atau oli bocor.







3 Suspensi dan spring belakang dari kerusakan. 
 Axle belakang untuk kerusakan, kebocoran. 

 Chamber rem belakang dari kerusakan, kebocoran. 
 Tangki angin untuk membuang angin, kotoran dan air. 
 Chassis / kerangka retak, rusak. 

 Hose dan pipa angin bocor, aus. 
 Transmisi dan driveline 

 Semua lampu. 

 Battery & Switch Disconnect. 

 Tabung saringan udara 
 Tangga dan pegangan. 

 Pintu kabin & Kaca spion 

 Ruang mesin. 

 Roda / ban depan. 

 Suspensi, spring depan. 

 Lampu sein dan lampu putar.

PEMERIKSAAN BAGIAN BELAKANG TRUCK 

 Axle belakang, tangga & pegangan. 

 Lampu belakang, lampu rem 

 Semua peralatan tambahan ( Dump, service, crane, Kabin belakang dll ) 
Training & Development
  51                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




PEMERIKSAAN SISI KANAN TRUCK
 Lampu sein
 Suspensi, spring depan
 Roda, ban depan
 Tangki solar & Water separator
 Pompa kabin
 Tangki hidrolik untuk level oli, kebocoran.
 Kaca spion
 Tangga dan pegangan
 Pengungkit / pengunci kabin
 Pintu kabin
 Pemadam kebakaran
 Chassis / Fifth-Wheel 

PEMERIKSAAN BAGIAN DEPAN TRUCK
 Bagian bawah truck. 






 Lampu depan. 
 Grille penutup dan Bullbar 
 Level oli mesin, oli power steering, dll 
 Level air Wipper / karet wipper. 
 Periksa kekencangan dari braket condensor AC, Intercooler, dan Radiator 

 Keretakan / pecah kaca depan
Agar pengecekan yang kita lakukan lebih sederhana dan terperinci, pada dasarnya
pengecekan ini dibagi beberapa bagian berdasarkan prioritas yaitu pengecekan setiap hari
dan pengecekan per setiap minggu. 
PENGECEKKAN PER SETIAP HARI
  Pendingin mesin / Radiator 
- Dengan mesin dingin, level air radiator harus berada
diantara tanda MAX dan MIN pada tabung air
radiator. 

- Apabila diperlukan, penambahan air radiator melalui
pengisian ( 3 ).

-   Jangan membuka atau merusak plug ( 4 ).

  Air wiper / washer
-    Periksa level air wiper. Apabila diperlukan, Lakukan
penambahan campuran antara additive DPI dan air
melalui lubang pengisian. 

Juga, periksa nozzle dari kemungkinan tersumbat.
Gunakan jarum untuk membersihkannya apabila
diperlukan. 
Training & Development
  52                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




 Tabung angin
- Buang endapan air dan kotoran dari tangki angin setiap
saat untuk menghindari terjadinya penumpukan air /
kotoran dalam tangki dan dapat menyebabkan
kerusakan atau kegagalan dalam sistim. 

 Switch Disconnect Battery 




- Switch “ON” disconnect battery sebelum pengoperasian dan
switch “OFF” setiap selesai pengoperasian. 
 Trailer coupling & Semi-Trailer Fifth-wheel
 
 Kondisi ban 
 Penggunaan rem service, parkir dan / engine brake. 
 Semua lampu luar, lampu peringatan.


PENGECEKKAN PER SETIAP MINGGU 
 Oli mesin
- Periksa oli mesin melalui dipstick ( 1 ) yang terletak

disebelah kanan depan engine. 
- Apabila diperlukan, penambahan oli melalui lubang
pengisian yang terletak dibagian head engine. 

 Water separator ( 1 ) 
- Putar screw untuk membuang endapan air dalam
tabung water separator. 
- Dilarang mengambil / drain solar dalam jumlah
banyak melalui tabung water separator karena dapat
menyebabkan masuknya angin palsu. 

 Pre-filter solar ( 2 ) 
- Putar scruw untuk membuang kotoran air yang
mungkin bercampur dalam pre-filter solar. 

 Tabung power steering 



-    Tarik dipstick ( 2 ) untuk pengecekan level oli power
steering. 
- Dengan mesin hidup idle dan posisi roda lurus ke
depan, level oli harus berada pada tanda TOP pada
dipstick. 
- Dengan mesin mati dan roda lurus ke depan, level oli
berada kurang lebih 1 – 2 cm diatas tanda TOP pada
dipstick. Apabila perlu, tambah oli power steering
melalui lubang pengisian (3). 
Training & Development
  53                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 








 Battery
- Periksa level air / electrolyte Battery melalui
tutup bagian atas battery ( 1 ). Apabila perlu,
tambah dengan air yang telah disaring dan
battery dalam keadaan dingin. 
 Kondisi ban
- Periksa tekanan dan keausan ban. Apabila
diperlukan, tambah angin sesuai dengan
tekanan yang direkomendasikan. 
- Apabila tekanan angin terlalu rendah,
keausan ban cenderung terjadi pada bagian
luar ban. 
- Apabila tekanan angin terlalu tinggi, keausan
ban cenderung terjadi pada bagian tengah. 
- Apabila terjadi keausan yang tidak normal
pada ban depan ( sebelah dalam atau luar ),
itu menandakan perlu diadakan pemeriksaan
pada toe in / toe out roda depan. 
- Jangan sekali-kali melebihi beban maksimum yang diijinkan pada setiap axle.
 Exhaust sistim / Pipa knalpot






 Periksa kondisi kebersihan saringan udara. Buka penutup
hausing saringan udara dan bersihkan apabila diperlukan
atau lakukan pembersihan / penggantian pada saat lampu
indikator saringan udara menyala. 













Training & Development
  54                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 




Menghidupkan Mesin
Saat menghidupkan mesin truck Iveco Trakker, lakukan prosedur berikut ini:


1. Pastikan pengecekkan keliling telah dilakukan.

2.  Atur kursi sesuai dengan postur tubuh. 

3. Pastikan rem parkir dalam keadaan terpasang dan
transmisi posisi netral.

4. Bunyikan tanda/klakson untuk memastikan area
sekitar kendaraan aman.

5. Kunci kontak “On” perhatikan ketinggian oli mesin,
caranya dengan menekan tombol operation (yang
terletak roda kemudi / steering 1 kali.

6. Perhatikan semua lampu, gauge, dan sistim control kendaraan

dalam kondisi normal.
7.  Injak rem service untuk menormalkan / mematikan kode EDC
pada layar monitor.

8. Semua aman, hidupkan mesin.   
SETELAH MESIN HIDUP
Setelah mesin hidup, lakukan pengecekan berikut : 




1 Perhatikan tekanan oli mesin dengan menekan
tombol operation pada roda kemudi 2 kali
kemudian biarkan mesin idle 1 -2 menit sampai
mencapai temperature normal untuk kendaraan
dioperasikan.
 












2 Perhatikan semua indikator, gauge dan lampu peringatan dalam posisi normal.

3 Hidupkan pendingin (AC) apabila ingin menggunakan AC.
Training & Development
  55                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 





MENJALANKAN TRUCK
Setelah mesin hidup dan semua indicator menunjukkan posisi normal, gunakan sabuk
pengaman dan ikuti prosedur berikut ini untuk menjalankan truck. 








1 Bunyikan klakson untuk memastikan tidak ada
orang disekitar kendaraan. 

2 Masukkan gigi transmisi dan pilih mode full
otomatis dengan menekan tombol putih satukali
pada tuas transmisi atau semi-otomatis dengan
hanya mendorong tuas transmisi kedepan.
3 Tekan pedal gas perlahan dan lepaskan rem
parkir. 
4 Sesuaikan putaran mesin dengan kondisi jalan. 

5 Pindahkan gigi pada saat rpm mencapai 1100 –
1500 rpm. (semi-otomatis).  
MEMATIKAN MESIN
Saat mematikan mesin dan memarkir truck, lakukan prosedur berikut ini : 







1 Truck harus diparkir ditempat yang aman dan
telah ditentukan dengan jarak yang sesuai pada
kedua sisi. 

2 Gunakan rem service sampai truck benar-benar
berhenti. 
3 Netralkan transmisi dengan menekan tombol
biru pada tuas transmisi. 
4 Aktifkan rem parkir 
5 Matikan semua lampu 
6 Matikan pendingin ( AC ) 
7 Setelah idle 1 - 2 menit, matikan mesin dan
cabut kunci kontak. 
8 Matikan switch pemutus aliran Listrik dari battery yang terletak diluar sebelah kiri truck 
9 Melaporkan semua kondisi terakhir truck.


Training & Development
  56                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 






MENGEMUDI
Saat mengemudi, pengemudi harus mengikuti prosedur
yang sama seperti dijelaskan sebelumnya dan memastikan
rambu-rambu jalan diikuti. Pengemudi harus mengetahui
karakteristik, perkiraan jarak, kecepatan dan mengantisipasi
reaksi truck terhadap beban yang ada dan kondisi jalan. 

JARAK BEBAS DIATAS KABIN TRUCK
Saat mengemudikan truck, pengemudi harus mewaspadai
penghalang yang ada di atas kabin, misalnya kabel listrik,
bangunan, pohon, dll.


JARAK PANDANG ( VISIBILITY )
Saat mengemudikan truck pandangan anda terbatas dan sangat tergantung pada kaca spion
pada kedua sisi. Anda juga tidak dapat melihat objek yang berada tetap dibelakang mobil
anda. Untuk itu sebaiknya truck dihentikan pada posisi dimana anda bisa bergerak maju.
Pastikan belakang truck anda bebas dari orang dan kendaraan lain sebelum mundur. Kaca
spion jenis convex memberikan pandangan yang lebar dengan mengubah jarak sehingga
benda tampak lebih jauh dari yang sebenarnya. Biasakanlah untuk selalu melihat kaca spion
supaya kejadian dibelakang dan disisi truck bisa diketahui. Bersihkan kaca spion sebelum
menjalankan kendaraan.


BERAT
Sebelum memasuki suatu area kerja atau lokasi, pengemudi
harus memastikan bahwa permukaan tanah mampu
menyanggah berat dari pada truck terutama pada kondisi
basah. 

MENGGUNAKAN TRANSMISI OTOMATIS ( EUROTRONIC )
Mengubah gigi transmisi adalah salah satu ketrampilan yang harus dikuasai oleh pengemudi.
Memindahkan gigi dengan benar diperlukan untuk menghindari masalah dan untuk
pengoperasian yang efisien. Salah memindahkan gigi dengan benar akan menyebabkan
kerusakan pada powertrain.




TOPIK 6
TEHNIK PENGOPERASIAN
Training & Development
  57                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 







Memindahkan gigi
FULL OTOMATIS:
Pemindahan gigi full otomatis adalah berdasarkan kondisi jalan, muatan dan posisi gas.
Langkah yang harus dilakukan, adalah; 




1 Tekan tombol putih (tanpa harus mendorong tuas transmisi) untuk memilih mode
full otomatis.   
2 Secara otomatis, computer akan memilih gigi yang sesuai untuk mulai jalan.  
3 Injak gas perlahan, lepaskan parking brake.
4 Tekan pedal gas bertahap secara halus dan biarkan putaran mesin mencapai
1500–1800 rpm dan secara otomatis transmisi akan berpindah ke gigi tinggi dengan
sendirinya sesuai dengan kondisi jalan dan muatan. 
5 Lepaskan pedal gas (rpm turun) gigi transmisi secara otomatis akan berpindah ke
gigi lebih rendah. 
SEMI – OTOMATIS:
1   Dorong tuas transmisi ke depan satu kali pendek (transmisi diset pada gigi 1). 


2   Dorong tuas satukali kedepan panjang (transmisi di-set pada gigi 3).  

3   Tekan (tahan) tombol putih pada tuas transmisi dan sambil dorong pendek kedepan
(pencarian gigi secara otomatis pada model semi-otomatis).  

4   Tekan (tahan) tombol putih pada tuas transmisi dan sambil dorong panjang
kedepan (transmisi diset pada gigi 5) pada posisi model semi-otomatis.  


5   Pada posisi transmisi semi-automatis perpindahan gigi dilakukan dan dikontrol oleh
pengemudi. Pengemudi dapat memilih gigi lebih rendah secara manual dengan
menarik tuas ke belakang satu kali atau memilih gigi lebih tinggi dengan mendorong
tuas kedepan satu kali. 

6   Injak gas secara halus dan biarkan putaran mesin mencapai 1500 – 1800 rpm
untuk pindah ke gigi lebih tinggi dengan mendorong tuas ke depan satu kali. 

7   Turunkan gigi dengan menarik tuas transmisi ke belakang pada saat putaran mesin
berada diantara 1100 rpm.
Pengemudi dapat memindahkan gigi 2 percepatan sekaligus dengan mendorong atau
menarik tuas lebih kuat (panjang) ke depan atau belakang. 



AXLE & DIFFERENTIAL
Truck IVECO dilengkapi dengan Differential Lock yang hanya untuk digunakan pada
permukaan tanah licin dan lembek. Dan untuk menghindari kerusakan pada perangkat Axle
dan Differential, pengemudi harus benar-benar memahami cara mengoperasikan Differential
Lock yang benar. Salah menggunakan aplikasi Differential lock dapat berakibat kerusakan
fatal pada perangkat Axle dan Differential. Ada beberapa cara pengoperasian Differential
Lock sesuai dengan fungsinya. 
Training & Development
  58                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 






 DIFFERENTIAL LOCK INTER-AXLE (PENGUNCI GARDAN)
Differential Lock Inter-Axle digunakan apabila truck bekerja pada area licin / basah.
Langkah – langkah untuk menggunakan Differential Lock Inter-Axle adalah sebagai berikut ; 
1 Hentikan kendaraan sampai benar-benar berhenti.
2 Netralkan transmisi
3 Masukkan / putar switch Differential Lock ke posisi 1  (Diff. Lock
Inter-Axle atau pengunci antar gardan).
4 lanjutkan pengoperasian seperti biasa   
Untuk pengoperasian normal, selalu tempatkan switch differential lock Pada posisi 0 (Nol). 
 DIFFERENTIAL LOCK INTER-WHEEL (PENGUNCI RODA)
Differential Lock Inter-Wheel digunakan pada saat truck selip dan differential Lock inter-axle
tidak mampu lagi. Langkah-langkah untuk mengunakan Diff. Lock Inter-Wheel adalah sbb;

 
1 Hentikan kendaraan sampai benar-benar berhenti. 
2 Netralkan transmisi. 
3 Masukkan / putar switch Diff. Lock ke posisi 2 (Diff. Lock Inter-Wheel / pengunci
roda). 
4 Pindahkan / masukkan transmisi ke gigi rendah.
5 Injak pedal gas perlahan. 

Apabila langkah diatas telah dilakukan dan truck tetap amblas / selip, hubungi atasan anda
untuk kemungkinan menarik truck dengan bantuan dari kendaraan lain. 




TRANSFERCASE / TRANSFERBOX
Digunakan saat kendaraan bermuatan berat atau beroperasi di area pegunungan (dataran
tinggi). Ini diperlukan untuk menambah tenaga (merubah rasio) pada kendaraan, tetapi jika
system ini difungsikan maka kecepatan kendaraan akan menjadi lebih lambat / pelan.
Cara mengaktifkan / menggunakan transfercase:




 Hentikan kendaraan sempurna.
 Netralkan transmisi.
 Posisikan differential lock di posisi 1 (inter – axle).
 Putar switch transfercase dari posisi 1 (high) ke posisi 2 (low).
Training & Development
  59                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 





Cara me-non-aktifkan / melepas transfercase:
 Hentikan Kendaraan sempurna.
 Netralkan transmisi.
 Kembalikan switch transfercase ke posisi 1 (high).
 Kembalikan switch differential lock keposisi 0 (jika memang sudah tidak diperlukan).

Perhatian:
 Jika menemukan switch transfercase yang tidak ada netralnya “N”

pengoperasiannya adalah tetap sama. Netral pada switch tersebut adalah hanya
untuk mengoperasikan PTO yang terpasang pada transfercase.
Catatan:
Pada penggunaan transfercase harus diperhatikan: 



 Gunakan transfercase jika memang dianggap perlu (sesuai dengan kebutuhannya).
 Selalu posisikan differential lock di posisi 1 (inter – axle).
 Gunakan selalu semi-auto / manual mode pada transmisi jika transfercase diaktifkan.

ENGINE BRAKE
Truck IVECO Trakker Cursor - Eurotronic dilengkapi sebuah perangkat engine brake yang
dirancang untuk menahan kecepatan truck secara konstan diturunan yang panjang. Untuk
memastikan efisiensi yang yang maksimum, gigi yang dipilih harus sesuai dengan kondisi
jalan. Penggunaan Engine brake secara terus-menerus akan mengakibatkan mesin dan
transmisi menjadi panas. Dalam hal ini, pada saat menggunakan engine brake dan,
pengemudi harus tetap mengontrol gauge temperatur mesin dan tachometer (Rpm). Engine
brake akan bekerja baik apabila putaran mesin antara 1800 – 2200 rpm.

a. Engine Brake
Ada 2 cara untuk menggunakan / mengoperasikan engine brake secara efisien, sbb; 

Posisi 1 – Engine brake akan aktif apabila tuas engine brake
yang terletak dibawah roda kemudi sebelah kanan di tarik satu
kali kebelakang. 

Training & Development
  60                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Posisi ini efisiennya untuk penggunaan engine brake normal
untuk mengurangi kecepatan pada turunan, tikungan atau
area salju. 







Posisi 2 – Engine brake aktif apabila tuas engine yang terletak
dibawah roda kemudi sebelah kanan ditarik dua kali sekaligus
kebelakang. 

Training & Development
  61                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 
Posisi ini efisiennya untuk penggunaan engine brake yang
membutukan gigi turun ke gigi lebih rendah dengan waktu lebih
cepat dari kondisi normal, sesuai dengan kondisi jalan dan
kebutuhan. 
Catatan: Untuk engine brake posisi dua (2) gigi transmisi akan turun ke yang lebih rendah
ketika rpm berada diantara 1300 rpm.
 
 Transmisi akan berpindah turun secara otomatis ketika rpm sudah mencapai 1300
rpm. Tetapi itu hanya akan terjadi jika model pengoperasian yang dipilih pada
transmisi adalah model otomatis.

Catatan: Hal Ini tidak akan terjadi (gigi transmsisi turun ke yang lebih rendah) jika
pengoperasian transmisi pada saat itu adalah model semi otomatis.

CRUISE CONTROL
Cruise control terletak pada tuas engine brake dan dekat dengan
steering untuk memudahkan pengemudi mengatur cruise control
sambil memegang steering. Cruise control akan berfungsi apabila
kecepatan kendaraan diatas 30 km/jam. Sebelum mengaktifkan
cruise control, terlebih dahulu pastikan kondisi jalan memungkinkan
untuk cruise control diaktifkan. 

Cara menggunakan cruise control adalah sebagai berikut ;
On-kan / aktifkan melalui tanda (1), pada saat penyetelan cruise control pertama kali, juga
tanda ini untuk menaikkan kecepatan per 1 km/ 1 kali tekan. 

Tanda (2) adalah untuk menurunkan kecepatan per 1 km/ satu kali tekan.
Naikkan lagi tuas ke atas untuk me-non aktifkan cruise control.

Untuk selanjutnya pengemudi tinggal tarik tuas ke atas (3) untuk mengaktifkan cruise control.

Catatan:
Setiap cruise control diaktifkan (setelah diset pertamakali seperti pada keterangan diatas)
maka kecepatan kendaraan akan secara otomatis di set pada kecepatan yang sama seperti
pada penyetelan awal (yang pertama kecuali pengemudi merubahnya).

Penyetelan ulang cruise control harus dilakukan lagi ketika mesin kendaraan sempat
dimatikan.

Tanda (1) dan (2) juga dipakai untuk menaikkan atau menurunkan rpm pada saat mengoperasikan
PTO. 


Catatan :
Cruise control tidak akan berfungsi apabila selector engine brake dalam keadaan
aktif. Cruise control tidak akan berfungsi apabila kode EDC menyala / bermasalah. 




SPEED LIMITER (Pembatasan Kecepatan)
Speed limiter terletak sama dengan tuas engine brake dan cruise
control, hanya cara pengoperasiannya yang berbeda.

Cara menggunakan Speed limiter adalah sebagai berikut ;
Pastikan berapa kecepatan saat itu kemudian tekan tuas kebawah,
maka kecepatan saat penyetelan speed limiter dilakukan itu adalah kecepatan maksimum
kendaraan anda selanjutnya. 

Dengan menekan pedal gas secara normal tidak akan bisa menaikkan kecepatan kendaraan
jika kecepatan kendaraan saat itu telah mencapai kecepatan yang telah diset pertama kali
pada speed limiter.

Kecepatan akan kembali normal jika tuas dinaikkan kembali ke bagian atas


MUNDUR 
Mengendarai kendaraan dengan berjalan mundur adalah keahlian yang sama pentingnya
dengan keahlian berjalan maju. Saat memundurkan truck, pandangan pengemudi terbatas
dan harus tergantung pada kaca spion dikedua sisi untuk memposisikan dan memastikan
arah yang dikehendaki. Waspadalah selalu akan blind spot (sudut yang tidak terlihat) tepat
dibelakang truck dimana mungkin ada orang atau kendaraan lain. Jika perlu, pengemudi
harus keluar dari truck dan memeriksa ke belakang truck atau meminta spotter untuk
memandu. 


MENGONTROL KECEPATAN TRUCK DITURUNAN
Kecepatan truck diturunan harus dikontrol dengan menyesuaikan putaran mesin, dengan
menggunakan gigi transmisi yang sesuai dan mengaktifkan / menggunakan engine brake
untuk mengurangi atau menyetabilkan kecepatan kendaraan. 

Jangan menggunakan rem service untuk menahan laju kendaraan, kecuali untuk membantu
engine brake untuk menurunkan putaran mesin (rpm) pada saat akan mengurangi /
menurunkan gigi.  

Hindari menekan pedal rem secara berulang-ulang karena akan meng-akibatkan suhu rem
akan panas dan mengakibatkan kegagalan rem. Disamping itu, menekan pedal rem
berulang-ulang akan menghabiskan cadangan angin dalam tangki angin. 

Salah satu penyebab rem blong yang paling umum saat diturunan adalah kelebihan panas
pada rem karena terlalu sering menggunakan rem. 

Gunakan gigi yang sesuai pada saat diturunan untuk meminimalkan penggunaan rem.
Dengan mengikuti praktek mengemudi yang benar, kondisi seperti ini tidak akan terjadi. Pilih
gigi yang tepat sebelum memasuki turunan yang panjang. 
Training & Development
  62                                                                    Iveco Truck Operation
PT. Chakra Jawara                                                                                                            6 X 4­6 X 6 Trakker 
 


5 comments:

  1. Info :
    jika anda ingin menambah wawasan di teknik pengoperasian dasar truck mercy ACTROS,
    silahkan anda mengunjungi kami di https://trainingtruckmercyactros.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Tolong disertai dengan gambar dan fungsi nya masing kah Bos. Tks.

    ReplyDelete
  3. Cari top engine dmana ya ?

    ReplyDelete
  4. Giginya tidak mau ditambah..keluar gambar gear dan CH

    ReplyDelete
  5. Saya ada masalah mesin..mesin tidak mau menyala..semua sudah di ganti..ecm/edc posisi edc..tidak posisi met. Mesin tidak mau hidup juga.

    ReplyDelete